Saturday, January 18, 2014

Trik dan Tips cara Warren Buffett berinvestasi saham yang profit

Siapa yang tidak kenal tokoh legenda sepanjang masa ini, iya dia adalah Warren Buffett seorang tokoh legenda investor saham yang sangat sukses di Amerika dan bahkan trik-trik investasinya menjadi panutan para investor diseluruh dunia.
Warren Buffett mempunyai prinsip "Membeli Bisnis" bukan "Membeli saham". Dia adalah seorang investor jangka panjang, bukanlah trader jangka pendek/spekulan saham yang mengandalkan Capital Gain periode jangka pendek.   
Dia menjadi salah satu orang terkaya didunia karena kecerdasannya dalam menganalisa sebuah perusahaan yang akan dibelinya. Di Amerika ada Warren Buffett sedangkan di Indonesia ada lo kheng hong kriteria kedua tokoh ini hampir sama yaitu sama-sama investor jangka panjang, namun bedanya Warren Buffett ada di negeri Paman Sam, lo kheng hong ada di Indonesia

Kenapa Warren Buffett bisa sesukses ini, ternyata dia punya trik dan tips dalam berinvestasi saham.
Berikut ini adalah trik dan Tips cara dia membeli saham sebuah perusahaan:
1. Berprinsip Membeli bisnis
Warren Buffett mengadakan riset fundamental/analisa jangka panjang perusahaan tersebut. Ia harus mengerti bisnisnya terlebih dahulu sebelum dibeli, jika bisnisnya buruk dia akan menolak.
Tiga pertanyaan mengenai manajemen sebuah perusahaan: Apakah mereka rasional? Apakah mereka mengakui kesalahan? Apakah mereka bisa menahan tuntutan institusi?
2. Membeli Perusahaan yang bisa menguntungkan
Dalam jangka panjang umpamanya sekitar 10 tahun perusahaan tersebut konsisten menguntungkan.
3. Membeli saham yang bagus namun harga yang murah
Membeli saham yang harganya lebih murah daripada nilai sebenarnya.
4. Berinvestasi dalam jangka panjang
Warren Buffett berpatokan bahwa ketika dia membeli saham, dia akan menyimpannya dalam jangka panjang jika perlu semasa hidupnya. Bahkan dia pun berinvestasi saham yang tidak pernah dijualnya contoh perusahaan Washington Post dan Coca-Cola serta GEICO.
5. Economic moat
Economic moat artinya parit perlindungan ekonomi adalah perusahaan yang mempunyai nilai keunggulan kompetitif, perusahaan ini mampu melindungi bisnisnya dari pesaingnya karena mempunyai keunggulan tersendiri.

Beberapa perusahaan besar yang pernah dibeli oleh Warren Buffett adalah:
  1. American Express Tahun 1964
  2. Coca Cola Tahun 1988
  3. Gillete/Procter & Gamble Tahun 1989
  4. Goldman Sachs Tahun 2008
  5. GEICO Tahun 1970-an

Demikianlah Trik dan tips cara Warren Buffett berinvestasi saham yang profit sehingga dia sukses besar di bisnis ini.

Powered by Blogger.