Thursday, January 2, 2014

Pentingnya pengetahuan investasi saham untuk masyarakat Indonesia

Investor modal dalam negeri yang berinvestasi di saham resmi melalui Bursa Efek Indonesia masih sangat sedikit di Indonesia. Mungkin karena sosialisasi dari pemerintah yang masih kurang atau
minat dari masyarakat Indonesia sendiri yang masih kurang juga. Pada kenyataan di lapangan sebagian masyarakat kita banyak yang merasa khawatir untuk terjun berinvestasi di dunia saham. Hal ini disebabkan karena mereka di hantui rasa takut akan kerugian, dana bisa hilang, dan efek-efek negatif dari berinvestasi di pasar saham, padahal persepsi seperti ini tidaklah benar. Hal ini disebabkan pengetahuan sebagian masyarakat kita yang masih awam tentang dunia investasi di pasar saham Indonesia.

Awas jangan sampai terjebak di investasi yang ujung-ujungnya penipuan
Yang lebih mengherankan, di sebagian masyarakat kita, makin banyak orang-orang yang malah terjerumus untuk berinvestasi di investasi bodong/penipuan yang tidak resmi yang ujung-ujungnya mereka malah merasa rugi atau ditipu karena dan dana mereka dibawa kabur oleh para penipu tersebut. Hal ini biasanya disebabkan karena sebagian masyarakat tergiur akan bonus yang tidak masuk akal.
bursa saham
Bursa Saham
Maka dari itu lebih baik jika kita ingin benar-benar berinvestasi, berinvestasilah melalui broker/perusahaan sekuritas resmi yang diakui oleh pemerintah, sehingga dana kita terjamin aman.
Jadi Pengetahuan investasi saham di bursa saham adalah membeli saham melaui perusahaan sekuritas, dengan cara membuka akun terlebih dahulu, mengisi saldo di perusahaan sekuritas tersebut, kemudian jual beli saham melalui perangkat komputer kita, laptop dan sebagainya yang terhubung di jaringan internet serta yang sudah di install software trading saham dari perusahaan sekuritas tersebut. Sehingga kita bisa melakukan jual beli saham di mana saja.
Dana kita nantinya untuk diinvestasikan di perusahaan-perusahaan yang sudah Go Publik, yakni kita membeli saham perusahaan tersebut melalui broker/perusahaan sekuritas itu.
Kita harus mempelajari cara-cara mendaftar diperusahaan sekuritas kemudian mempelajari cara-cara membeli saham diperusahaan sekuritas tersebut terlebih dahulu.
Pilihlah perusahaan yang sekiranya bisa menguntungkan kita jika sahamnya sudah dibeli oleh kita.
Namun demikian, kita harus mengetahui tujuan untuk apa kita berinvestasi di pasar saham, karena ini sangat penting. Sehingga kita bisa mengatur manajemen money, psikologis, waktu dan sebagainya.

Semoga saran ini bisa berguna untuk kita semua... salam investasi saham..

Powered by Blogger.