Thursday, January 2, 2014

Pengertian dari istilah Saham "Blue Chip" suatu perusahaan

Apa Pengertian dari istilah Saham "Blue Chip" dalam bursa saham?
Ketika sebuah perusahaan sedang naik harga sahamnya kemungkinan besar akan semakin banyak investor yang akan membeli sahamnya.
Namun apakah saham perusahaan tersebut bisa bertahan di harga beli atau bahkan naik harganya sehingga si investor mendapat keuntungan yang sedemikian rupa?
Bagaimana jika harga sahamnya turun dari harga beli, atau bahkan turun drastis? Semua dipengaruhi oleh kinerja perusahaan tersebut, dan kondisi keuangan serta kerugian/keuntungan perusahaan tersebut.

Pengertian dari istilah Saham "Blue Chip"
Biasanya seorang investor akan memilih perusahaan yang Blue Chip.
Istilah saham Blue Chip artinya saham yang terpercaya untuk investasi. Sebuah perusahaan yang sahamnya Blue Chip biasanya akan menjadi idola para investor.

Terus apakah di negara Indonesia ada saham Blue Chip?
Di Indonesia perusahaan-perusahaan besar milik pemerintah/perusahaan BUMN ada beberapa yang sahamnya Blue Chip.
Karena mungkin investor akan semakin merasa yakin bahwa perusahaan ini milik pemerintah jadi mungkin dirasa lebih aman untuk berinvestasi.
Namun juga ada beberapa perusahaan swasta nasional yang sahamnya masuk kategori saham Blue Chip.

Misal perusahaan-perusahaan di Indonesia yang masuk kategori sahamnya Blue Chip adalah:
Bank BRI, Astra International, Bank Mandiri, International Nickel, Indofood Sukses Makmur, Perusahaan Gas Negara, Perusahaan Tambang Batu Bara, Unilever Indonesia.

Namun demikian seorang trader tidak harus berburu saham dari perusahaan-perusahaan tersebut diatas untuk bisa mendapatkan keuntungan.
Karena biar bagaimanapun suatu waktu segalanya bisa berubah, kondisi perusahaan bisa berubah dimasa yang akan datang, jadi sejauh mana perusahaan bisa dikategorikan Blue Chip?

Seorang trader bebas terserah akan memilih perusahaan mana yang akan dibeli sahamnya.
Karena di Indonesia sudah banyak perusahaan yang sudah Go Publik,
sehingga trader harus mengetahui kondisi kinerja perusahaan-perusaan tersebut untuk trading sahamnya dengan tujuan untuk bisa mendapatkan profit/keuntungan.

Powered by Blogger.