Monday, October 20, 2014

Pengertian Tentang Apa itu Saham? Dan Contoh Gambar Surat Berharga


Sering kita melihat di acara bisnis di televisi, majalah-majalah bisnis dan media massa lainnya bahwa telah banyak warga masyarakat yang memiliki saham perusahaan-perusahaan. Bagaimana cara memiliki saham sebuah perusahaan? Jawabannya adalah kita harus membelinya di Bursa Efek Indonesia melalui perusahaan broker saham atau perusahaan sekuritas resmi.

Pengertian apa itu saham
Apa itu saham? Saham adalah  surat berharga dalam satuan nilai atas kepemilikan sebuah perusahaan. Biasanya sebuah perusahaan akan menjual sebagian sahamnya untuk menambahkan modal perusahaan.
Berikut ini adalah contoh gambar surat berharga atau saham:


Contoh gambar surat berharga atau saham 
sumber gambar: id.wikipedia.org
Namun dimasa sekarang kita bisa bermain saham atau melakukan jual beli saham secara online. Di Indonesia tergolong masih banyak masyarakatnya yang kurang mengetahui informasi tentang saham. Baik itu dunia pasar modal sampai perusahaan sekuritasnya. Hal ini sangat rentan terjadi kesalah pahaman tentang keberadaan saham resmi di masyarakat. Sebagai contoh adalah makin maraknya investasi-investasi bodong yang menyerbu masyarakat kita sehingga mereka mengalami kerugian yang tidak sedikit karena bergabung dengan investasi-investasi bodong seperti investasi emas bodong serta investasi yang berdasarkan sekema piramida. Kenapa mereka sampai bisa bergabung? Padahal investasi-investasi tersebut sangat dilarang oleh pemerintah. Jawabnya adalah karena kekurangtahuan dan kekurangan informasi yang beredar di masyarakat tentang dunia permodalan yang benar. Dan juga faktor bonus yang besar dan menggiurkan jika bergabung di investasi bodong tersebut sehingga akal sehat si korban investasi seperti sudah tertutupi oleh bonus besar tersebut. Dan faktor-faktor lain sebagainya.
Oleh karena itu, sebagai masyarakat Indonesia yang ingin maju marilah kita berusaha dan berfikir positif dan terus belajar saham yang benar. Karena berdasarkan informasi saat ini prosentase nilai omset bursa efek di Indonesia masih kalah dengan negara Malaysia dan Singapura.

Powered by Blogger.